Micro Electronic-Mechanic Systems (MEMS)

wew, judulnya serem.. tapi gw ga akan bahas itu!!! ga akan!!! tapi gw akan cerita tentang presentasi MEMS yang udah menghantui gw selama (ehmmm) 3minggu terakhir ini..

gw adalah kelompok ke 12 yang maju, which is tiap minggunya maju 3-7 kelompok.. ga akan lama jadinya kalo aja si bapake sehat walafiat.. doi punya penyakit jantung, jadilah pas minggu kedua ditunda next week nya.. dan jadilah akhirnya kemaren gw maju, klompok terakhir di hari itu..

dosen : hmmm.. yunizar, coba jelaskan apa yang dimaksud dengan Surface Accoustic Waves..

gw : (dari meja presentasi maju ke slide) mm SAW itu gelombang akustik pak, dia ngerambat di suatu bahan atau material yang punya sifat elastis..

dosen : kenapa SAW itu cuma bisa ada di piezoelectric?

gw : soalnya kalo bahan piezoelectric itu jenisnya elastis pak.. jadi dia bisa…

dosen : saya mau kamu jelasin di slidenya.. dengan gambar..

(nah lhooo.. gambar yang manaaaa.. secara itu bahasan yg dia tanyain masih umum banget)

gw : (minta temen ngasi liat slide yang ada gambar IDT) nah ini pak (sambil nunjuk gambar).. ini bahan piezoelectric.. SAW bisa terjadi ketika IDT….

dosen : IDT? apa itu IDT??

gw : (mulai kesel dipotong penjelasan gw) Interdigital Transducer pak.. nah misal IDT ini mendeteksi elemen listrik dari sensor pak, nanti si IDT nya ngasi aliran listrik juga, tapi dia itu jenisnya AC, dari situ si bahan piezoelectric ini bakal menangkap sinyal linyal listrik itu jadi sebuah gelombang mekanik, yaitu si SAW yang nantinya ditangkep IDT yang satu lagi ini.. (nutup mulut sebelum gw mulai ngabahas semakin dalam, kasian temen ntar mau ditanyain apa kalo bahasannya udah gw jelasin semua)

dosen : hmm.. (diem liatin ipad nya) yaudah, trima kasih.

gw : (langsung duduk, nyengir)

dan proses berikutnya adalah temen-temen kelompok gw yang ditanyain.. si wafi, si tendy, si botak, baru ellan.. alhamdulillah biarpun ada 1 pertanyaan yang ga bisa dijawab temen gw trus dilempar ke qta semua dan ga da yg bisa jawab (lagi nanyain history.. yeeee emang pelajaran sejarah pak??) tapi nilai gw bagus.. dan overall kelompok gw adalah kelompok paling bagus diantara 3 kelompok yang maju hari itu dan dapet applouse dari si bapake.. 🙂

bye bye presentasi MEMS.. saya mau bikin paper MEMS dulu yaaa..biar nilai UAS saya bagus dan bisa dapet A, nambah koleksi nilai A saya.. 🙂

dan baru inget juga gara-gara MEMS gw lupa ngerjain tugas PBL yang mesti dikumpul hari ini jam 4.. *tepok jidat*  *jambak rambut sendiri*

ohhh MEMS.. kau telah menjadi trending topic di kelas ekstensi elektro UI 2009.. #MEMS

One thought on “Micro Electronic-Mechanic Systems (MEMS)

Leave a Reply

