Debt Collector

yak pengalaman malu-maluin emang.. tapi boleh juga di share bagi yg ga tau apa-apa.. kejadian berawal ketika tgl 28 Agustus pagi-pagi nyokap nrima telp, trs krn udah tua agak bolot, malah ngasi ke bokap.. bokap yg bolotnya lebih parah krn udah tua jg, iya2 doang ga jelas, akhirnya gw yg jawab.. gw tanya bae2 taunya itu debt collector dari Bank Danamon yg nyari abang gw, dr awal nyokap ngangkat telp suaranya udh kedengeran keras.. gw blg bae2 kl (nyebut nama abang gw) udah ga tinggal disini, ini rumah orang tuanya, nanti disampaikan ttg masalah ini.. eh si kunyuk debt collector ini malah nyap-nyap dg nada suara tinggi, dan gw bales bentak aja.. pake gw dibilang “kau jangan bohong kau..” elah broooooo gw jejelin kaos kaki bekas jg lu.. gedek bgt gw, gw bentak aja lagi, gw blg “heh ngomong ga bisa sopan dikit apa? emang brp sih utangnya?” trus dia jawab “masih kurang 250ribu”.. #NGOK ELAH BROOOOO KIRAIN 250JUTA gitu gw ribut udah HEBOH KAYAK DI SINETRON..

nabilah-yaelah-broemang sih abang gw salah, dia pasti lupa bayar (secara jumlahnya cuma 250rb yg elah gajinya brp kali lipat dr itu), karena setelah lebaran emang sempet libur lama trus begitu masuk kerjaan numplek blek ampe dia sakit kemaren..

tapi gw ga demen aja gitu ama cara kerja si debt collector kunyuk ini.. ga suka dengan cara Bank Danamon yg nyuruh debt collector kunyuk ini nagih, kasar, ga sopan, ga punya etika.. trutama kepada nasabah yg udah lama dan baru kali ini telat bayar.. ELAH.. abis itu gw langsung BBM abang gw suruh bayar.. trs hari ini tgl 29 Agustus tu debt collector kunyuk nelp lagi, kali ini nyokap yg bae2 ngeladenin, tp gw denger suara tu kunyuk masih nada tinggi.. gw kesel dan gw tanya abang gw apa udah bayar dan dia blg udah dibayar kemaren abis gw ingetin.. sayang nyokap udh kelar ngomong di telp, kl ga pengen gw maki-maki lagi tu kunyuk..

trus gw jadi mikir, itu yg cuma telat bayar 250ribu, ya alloh ya tuhan 250ribu aja begitu.. gimana yg ngutang puluhan/ratusan juta??dibunuh gitu kayak kasus apa dulu lah.. ELAH!!

BRCfG8uCEAAUG7V.jpg large

akhirnya gw cari lah peraturan BI mengenai debt collector.. dan disitu gw menyadari penyimpangan dari si debt collectornya Bank Danamon :

1. Penagihan menggunakan sarana komunikasi dilarang dilakukan secara terus menerus yang bersifat mengganggu. oke si kunyuk emang ga nagih ke keluarga gw langsung, tapi dia udah mengganggu banget.

2. Penagihan dilarang dilakukan dengan menggunakan cara ancaman, kekerasan dan/atau tindakan yang bersifat mempermalukan Pemegang Kartu Kredit. ga ngancem secara langsung sih emang, tp dari nada suara dan yg selalu bilang “kau jangan bohong kau” itu ngancem loh menurut gw.. trus minta dipastiin supaya dibilangin untuk bayar dg nada suara tinggi, itu juga termasuk ngancem menurut gw.. dan ada lagi kata-kata si kunyuk yg gw ga suka banget ampe gw matiin telp trus gw cabut telp rumah saking keselnya.

3. Penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili debitur. nah ini udah salah banget kan. Ga mungkin Bank DANAMON ga punya data abang gw. BOONG BANGET.. trus kenapa mesti NEROR ke keluarganya (which is nyokap-bokap gw). TEROR oh iya tolong inget kl BANK ITU BISA JADI TERORIS JUGA..

dan si debt collector kunyuk itu juga ga nyebut abang gw udah telat berapa lama bayarnya.. kl masih baru brp hari bukannya harusnya masih pegawai bank yg nelp kan? BI punya peraturan pasti, yg mana gw ga nemu ga tau kata kuncinya apaan deh di gugel..

pesan moral : gaya boleh, ngutang no

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s