130804 Explore Tangerang

gw mau cerita dikit tentang pengalaman gw kemaren menjelajah Tangerang.. ga semua Tangerang actually sih, cuma sebagian doang.. tapi buat gw yang ga pernah mencoba jalan-jalan ke arah Ciledug.. pernah sih sebenernya dulu 1x jaman kuliah, bosen ke arah Jakarta gw usul maen ke Tangerang.. tujuan? nihil.. asal aja kemana maunya seenak udel nenek moyangnya Ijun.. ditengah jalan nemuin bandara Soekarno-Hatt ada di kanan kita, pas pulang pun nemu tu bandara lagi, which is berarti gw ngelilingin tu bandara.. hahahaha ya Alloh πŸ˜€

back to the topic.. pagi itu gw ama Kiki janjian buat bikin Kartu Kuning & SKCK demi memenuhi persyaratan berkas daftar CPNS 2013.. berhubung domisili kita b2 ini masuknya Kota Tangerang, alhasil mesti ke Disnaker & Polres Metro Tangerang.. gw ama kiki sama2 blm pernah ke sana, sama sekali.. 😐 bermodal clue naek angkot apa dari pacar adeknya kiki, qta berangkat jam 9 kurang dari depan CBD dengan hati riang gembira suka ria tralala-trilili..

dari depan CBD kita naek angkot B02 yang warna ijo-kuning. sebenernya sih ni angkot lewat depan gang rumah gw, tapi berhubung janjian ama kiki & ketika udah deket CBD kiki bilang kalo dia pake baju ijo tosca, mata gw melototin sepanjang trotoar depan CBD mencari gadis berkerudung hijau tosca.. hasilnya? nihil.. hampir ke arah lampu merah ga keliatan juga.. akhirnya gw turun dan jalan ke arah depan CBD sambil bbm-in kiki “buset, mana deh ga keliatan?” dan gw menemukan seonggok bocah polos berbaju BIRU TOSCA.. ya Alloh ampunilah hambamu itu yang notabenenya Sarjana Sistem Informasi tapi ga bisa bedain BIRU TOSCA dengan HIJAU TOSCA..

perjalanan dari CBD ke Disnaker Tangerang dengan B02 cukup menyenangkan, lancar, masih banyak pepohonan, jalanannya lebar, cuma ditempuh dalam waktu kurang lebih setengah jam & si B02 berhenti tepat di depan Kantor Disnaker tsb. Jam setengah 10 kita sampe, udah banyak yg dateng.. gw datangin mas depan pintu yang keliatannya mengkoordinir semuanya, itu mas sangat tanggap dan paham ama muka “gue ga tau apa-apa kemana duluan nih ngurusnya”..

mas : bikin baru apa perpanjang?

gw : bikin baru mas

mas : keluarin ijazah terakhir ama KTP ama foto 3×4 nya 2. mba nya? (nanya Kiki)

kiki : perpanjang

mas : perpanjang langsung masuk ke situ (nunjuk meja terdekat pintu)

gw : nih mas (nunjukkin ijazah ama KTP)

mas : ni ambil nomor, tunggu aja nanti dipanggil

trus gw duduk deh, sementara kiki cuma ngecap bagian belakang Kartu Kuning doang.. sementara kita nunggu, ada beberapa orang yang salah dateng.. KTP mereka Kabupaten Tangerang, sementara Disnaker yg gw datengin itu adalah buat Kota Tangerang.. si mas tadi dg cepet “wah salah nih mba, kl Kabupaten di Tiga Raksa”.. #ngokk kasian amat, tapi bagus juga dia udh screening KTP dari awal, coba kl udah nunggu trs udah masuk ke ruangan baru ketauan.. nyesek kali tuh.. pas gw dateng itu nomor yg dipanggil urutan ke-115 & gw cuma nunggu sekitar 15 menitan dg nomor urut gw ke-146.. begitu dipanggil si mas, gw masuk disuruh ke meja no. 5 berhadapan dg Ibu2 yg taunya cm ngeluarin Kartu Kuning polos + staples-in poto gw & gw dioper ke Bapak2 meja no. 1 yg sangat ramah.. gw langsung ngasi fotokopi ijazah & KTP + Kartu Kuning polos dari si Ibu2 meja no. 5…

Bapak : (ngeliatin gw)

gw : (bingung)

Bapak : coba liat KTP aslinya?

gw : (ngasi KTP asli)

Bapak : (ngeluarin formulir) sekarang isi ini-ini-ini, udah itu aja sisanya ga usah, kelamaan.. (nunjuk bagian-bagian form)

si Bapak ini amat ramah, entah apa pelayanan ini emang mesti ramah atau udah dikasi besek bonus++ biar pada ramah gw juga ga tau.. si Bapak ini demen ngobrol juga rupanya.. doi pake nanya gw mau ambil cpns apaan.. gw jawab aja “apa aja sih pak, yg penting halal” & dijawab “oh pasti itu harus”.. dia yg otomatis ngeliat ijazah S1 gw, sempet bilang “wah UI ya..semoga dapet UI mah..” & gw iringi “amin Bapak, makasi doanya” πŸ˜€Β  gw kelar ngisi form, gantian si Bapak ngisi Kartu Kuning polos itu.. dia sempet bilang kl dulu dia tinggal daerah sama kayak gw juga, cm dari taun 2000 pindah ke Bogor.. dan gw basa basi nanya naek apa ke sini, kata dia naek motor, gw tanya knp ga naek kreta, kata dia males bikin ngantuk doang.. aneh.. hahaha namanya jg basa basi.. wkwkwkwk.. begitu kelar si Kartu Kuning yang warnanya ga Kuning itu gw fotokopi buat dileglisir.. jam 10:10 gw ama kiki udah melipir keluar nyari aer + angkot menuju Polres Tangerang..

nah, dari depan Disnaker, kita naek angkot apa gw lupa kalo ga salah warna biru-kuning sampe “portal”.. yah gw ga tau apa itu portal dimana apapun, nurut aja apa kata BBM pacar adeknya kiki.. trus kita ganti lagi angkot 01 warna biru muda – biru tua.. jarak dari DIsnaker ke portal dan portal ke Polres ini ga jauh sih, cm karena ada jalur2 searah aja makanya perlu ganti angkot..

Sampe depan Polres, ohlala beybehhh udah rame aje loh kayak mau ngantri sembako gratisan.. ga ngerti antrian mulai darimana gimana, kita nanya orang karena ga ada tanda apa gitu mengenai step-step nya.. sabar2in aja karena baru jam setengah 11 diiringi tekad kuat bahwa urusan Kartu Kuning+SKCK ini mesti kelar sehari, akhirnya gw ama kiki ngantri buat ambil formulir isian SKCK.. ngantri nya lama, ada 3 loket, yg dipake cuma 1.. sungguh useless sekali polisi-polisi itu.. formulir itu terdiri dari 3-4 lembar, bayar 10ribu.. setelah itu gw ama kiki ngisi tu form, pas balikin ke ruangan, eh si polisi bilang “ini belom ada sidik jarinya! sana dulu ke belakang yg biru2 tempat sidik jari!” INI KAMPRETNYA POLISI UDAH GA NGASI KETERANGAN APAPUN TTG STEP-STEPNYA, BIROKRASI YG RIBET DAN POSISI YG BERJAUHAN.. gw ama kiki akhirnya misuh-misuh jalan ke belakang buat ngecap sidik jari.. alhamdulillah ga lama di sidik jari, kita balik ke ruangan yg ada loket kampret itu buat ngumpulin berkas.. dan ada Bapak polisi yg seragam atasnya udah dicopot karena udh mau istirahat bilang “ini diambil nanti ya jam 3.”

trus gw ama kiki langsung jalan keluar Polres demi mencari sesuap nasi.. tadinya mau ke TangCit sih, tapi berhubung ujan dan jalanan depan Polres itu 1 arah, kita bingung balik ke arah sana nya, jadilah akhirnya kita ke Plaza Tangerang yg cuma sekian meter dari Polres.. ga ada banyak pilihan yg kita kenal selain Mr Bakso & McD, akhirnya kita makan di McD.. di McD dari sekitar jam 12an nongkrong situ ampe sekitar jam 2an.. ngapain aja? ya makan.. sambil ngerjain soal-soal CPNS yang gw beli di depan Disnaker.. abis tu kita solat trus balik lagi ke Polres.. karena ga bisa ngandelin Polisi yg sok – jangan – saya – nanti – takut – berkas – ilang – soalnya – saya – cuma – bagian – ini.. akhirnya kiki melesat masuk ruangan yg ada loket itu (padahal harusnya ga boleh) & nyari sendiri SKCK kita.. abis itu kita balik lagi ke belakang buat fotokopi, trus dilegalisir.. untuk legalisir sendiri bayar seiklasnya, dan gw kasi aja 5ribu.. sekitar jam 3 lewat ALHAMDULILLAH semua SELESAI..

IMG00480-20130905-2101Kartu Kuning (atas) & SKCK (bawah)

IMG00481-20130905-2103bedanya SKCK Polsek ama Polres cuma di jabatan.. bahkan tanda tangannya agak mirip.. -___-“

2 thoughts on “130804 Explore Tangerang

  1. Buruburu says:

    Kak, saya tinggal di kecamatan priuk kelurahan gembor, tangeang. Klo mau bikin kartu kuning d mana ya? Tigaraksa atau kaya tempat kakak?

Leave a Reply

