한국 문화원 (Korea Cultural Center)

kali ini sedikit bercerita tentang apa yang gw lakukan selama beberapa bulan terakhir di 2013.. hal yang ga begitu besar, terlihat sepele, tapi cukup memberi gw kekuatan untuk gw move on melanjutkan hidup dengan senyum tanpa harus memikirkan cinta-cintaan yang lagi ga penting posisinya saat itu.. sekarang?au deh.. 😛

yak jadi dari Oktober gw mulai les bahasa Korea di 세종학당 (read : Sejonghagdang Institute) yg ga lain ga bukan adalah kalo di Indonesia itu semacem Institusi belajar bahasa Korea yang masih ada di bawah pengawasan Kedubes Korea di Indonesia ini.. normalnya sih mereka (orang Korea yg tinggal di Indonesia/Jakarta) nyebutnya 한국 문화원 (read : Hangug Munhwawon) alias Korea Cultural Center Indonesia.

kenapa gw akhirnya memutuskan buat les bahasa Korea? ya selain karena belum kerja kantoran lagi, gw butuh suatu pengalih.. pengalih apa? pengalih dari kesedihan hati yang saat itu gw ga tau kapan akan sembuhnya.. selain itu gw pengen sekali aja menjalani suatu yg gw inginkan tanpa ada yg maksa.. selama masih sekolah ini-itu disuruh.. les bahasa Inggris disuruh, les matematika ama les di NF kemauan sendiri sih tapi karena kondisi jg mau UAN.. gw les bahasanya Lee Min Ho ini (kenapa mesti Lee Min Ho???) bukannya gw niatin abis itu gw mau kerja di perusahaan Korea. NO NO NO, gw ga sengarep itu.. gw tau mungkin dg gw pelajarin ni bahasa, kepakenya entah suatu kapan atau ga kepake sama sekali kan bisa aja.. tapi gw pengen aja.. butuh suasana baru, semangat baru.. yang gw ga tau mesti nyari kemana..

percaya atau ga, gw ngetik ini sambil nyetel musik dan yg muter “Miracle In December” trus kenapa feelnya melow parahhhhh mendadak??? *peluk Kyungsoo*

yak lanjuuuttt~ *prelude nya kebanyakan* 😀 jadi gw les itu tiap hari Senin & Rabu jam 10:00 – 12:00.. milih jam paling pagi di hari Senin itu sebenernya nyari ribut banget.. tapi karena bisa bareng kk gw yang berangkat kerja di gedung BEJ (한국 문화원 itu ada di Equity Tower lt.17, sebelahan ama BEJ)  jadi semua okelah.. toh gw bisa tidur2an selama perjalanan, bahkan kl berangkat kepagian gw bisa ngaso di kosan kk gw dulu yg ga jauh dari belakang SCBD.. 😀

pas daftar itu kan ambil buku materi, rasanya mau nangis.. gw ga ngerti bukunya HANGUL SEMUA!!! mampus kan.. tapi gw berusaha menenangkan diri dengan menganggap kayak waktu kecil belajar baca huruf hijaiyah.. IMG_20140110_234611gw dapet guru orang Korea asli tulen tapi udah 7 taun tinggal di Jakarta, namanya 백 재명 (read : Baek Jae Myung). Doi itu ahjumma (even she’s like an oenni for me) beranak 2 apa kalo ga salah inget, suaminya kerja di Indonesia jadi dia ikut. sebelumnya doi itu guru TK di Seoul, doi juga lulusan S1 & S2 Sastra Inggris, makanya bahasa Inggrisnya lancar (tetep dg pronounce Koreanya) bahkan ngajar pun pake bahasa Inggris. secara personal, doi orangnya menyenangkan, suka cerita-cerita di sela-sela ngajar, mau jawab apa aja yg qta tanyain, suka bagi-bagi makanan (walau cuma permen, chocolate atau choco pie yg gw rasa stok belanjaan anaknya).. doi selalu nyebut gw termasuk jajaran murid-muridnya yang “pintare” dan “yeoppo”.. *malu-malu kucing anggora*

nah kalo temen-temen sekelas, jujur aja gw baru deket di pertengahan les.. itupun semua bersatu gara-gara suatu bencana kebakaran di Equity Tower. harusnya qta midterm test hari itu jam 11, tapi pas jam 11 kurang dikit ada pengumuman untuk evakuasi dan alarm gedung langsung bunyi.. lumayan banget turun tangga darurat dari lantai 17 ke Ground.. -___-” abis itu kelas dibubarin ga jadi midterm test (diundur minggu berikutnya) dan qta hampir sekelas nongkrong di Starbucks Pasific Place sambil nunggu jam makan siang trus lanjut makan di GO! Curry..

301013setelah itu mulailah tuker-tukeran pin bb, no hp, id line dan bikin grup di line.. tiap malem sebelum les pasti line-an nanya tugas.. hehe.. lalu datanglah masa final test yg menjadi awal perpisahan kelas ini..

PicsArt_1386937708443

qta sih ga pisah-pisah amat, tp Baek Jae Myung seonsaengnim ternyata mesti balik ke Korea selamanya karena kerjaan suaminya di Indonesia udah beres. sedih sih, cm bisa ngarasain 1 term ama doi..

IMG_1560akhirnya qta memutuskan buat ngadain little farewell party.. lokasi di Urban Kitchen Pasific Place, qta reserve 20an kursi setelah final test. sebelumnya jg qta udah patungan buat beliin Baek sem winter coat di ZARA.. karena udah 7 tahun dia tinggal di Indonesia, qta mikirnya doi mungkin udah ga punya winter coat lagi, atau udah usang, etc.. untungnya qta ini rame2 ber20 orang, winter coat ZARA yg 7 digit itu berasa cuma 50 ribu doang.. wkwkwkwk 😀 gw pribadi nyiapin kado sendiri, karena pengen aja gitu ada yg spesial dr gw yg dibawa ke negaranya.. dan gw ga asal pilih kado, gw mau ada yg berbau Indonesia.. mau ngasi baju atau spatu gw ga tau ukurannya, mau ngasi patung2an perahu pinisi atau borobudur atau wayang2an takut menuh2in bagasinya.. jadi gw beli clutch bermotif batik warna krem soft (doi pecinta warna pastel soalnya dari koleksi bajunya sehari-hari ngajar) + gantungan kunci “Indonesia”..

setelah 3 bulan les, berakhir, ternyata ada outing.. ga mewah sih, tapi lumayan buat maen-maen.. waktu itu diminta pilih hari Selasa atau Sabtu.. karena gw males Sabtu pasti macet dimana-mana jadi gw ama temen-temen kelas pilih hari Selasa. lokasi tujuan adalah Eco Ecu Forest Sentul, Hambalang.

pizap.com13905607350781disana ngapain aja? yaaa namanya jg outing bermodus volunteer nanem pohon (ini becandaan yg gw lontarkan ke temen-temen kelas, hehehe).. jadi di awal qta dijelasin proses kerjasama lahan Hambalang yg sekian ribu hektar, 600rb meter perseginya adalah lahan kerjasama Indonesia – Korea buat nanem pohon aja..

IMG_20131217_181753setelah itu sisanya qta maen-maen aja, beberapa diantaranya permainan yg ada di Running Man (males bahas, buat yg suka RM pasti tau, hehe)..  trus makan siang (bukannya Lotteria gitu biar Koreaan dikit, eh malah Hoka-Hoka Bento tapi gpp lah) dan jalan-jalan siang panas diantara pepohonan..

PicsArt_1388243886838sekarang lagi menunggu kelas conversation di Februari.. 🙂

Leave a Reply

