Tujuan Sekolah = Kerja ?

dengan kondisi gw sekarang.. dan kehamilan yg sudah memasuki bulan ke empat..

gw mulai mempertanyakan fungsi orang tua menyekolahkan anaknya..

gw mencoba mengingat masa kecil gw, tujuan gw disekolahkan apa..

seingat gw : supaya pinter, supaya ga gampang diboongin orang, supaya punya banyak temen, supaya bisa kerja & hidupnya bisa lebih baik dari orang tuanya..

trus realitanya : kalo pinter sih dari anaknya masing-masing.. kalo masalah diboongin orang mah, yaaa mau sepinter apa juga kadang penipu itu jauh lebih lihai berkelit (bukannya lebih pinter sih sebenarnya).. kalo soal punya banyak temen, yaaa banyak kenalan sih iya, tapi nyatanya temen sejati itu cuma sedikit.. supaya hidup lebih baik dari ortunya, itu juga gimana usaha – doa – nasib.. kalo supaya bisa kerja?

kegagalan paham orang tua kita adalah kerja = pergi ke kantor gedung tinggi & dapat gaji di akhir/awal bulan..

kalo ga kerja kantoran, dibilangnya sayang udah sekolah tinggi-tinggi.. gw mikir lagi.. gw sekolah tinggi buat apaan.. nyari ilmu, menurut gw.. nyari temen yg siapa tau lebih berwawasan & bisa menularkan gw, membuat pola pikir gw jauh lebih maju.. dan syukur-syukur dapet temen deket yg mempunyai link luas & nyiprat ke gw, hehehe..

trus tu ilmu dikemanain? kemana yaa, gw juga ga tau.. dan ga merasa apa yg udah kita pelajarin wajib diaplikasikan di dunia kerja.. karena kalau dibilang sayang ilmunya ga kepake, wheewww banyak banget ilmu selama 12 tahun sekolah SD – SMP – SMA yg ga kepake, sebagian kepake adalah ilmu-ilmu basic di SD, & ilmu-ilmu basic yg masuk ke jurusan gw di kampus.. kenapa ga dibilang sayang ilmunya ga kepake? kenapa harus selalu menyalahkan gelar sarjana tak terpakai?

ya alhamdulillah walaupun gw ga ke kantor gedung tinggi, ilmu gw masih bisa kepake dan menghasilkan duit tanpa bangun subuh – kena macet – kalo telat ditegur HRD – kerja cape wether dihargai atau ga – pulang kena macet lagi – quality time keluarga cuma beberapa jam & weekend doang..

dan dari tujuan kita disekolahin itu,, apabila kita bisa mencapai semua dengan tanpa harus bekerja kantoran yg stress tiap hari kena macet & kena omelan itu.. kenapa masih bisa dibilang sayang ilmunya ga kepake??

jujur gw masih gagal paham sekarang, kalo tujuan kita sekolah tinggi itu untuk kerja kantoran doang…..

dan gw pun mempertanyakan tujuan gw nanti apabila menyekolahkan anak gw.. apakah gw akan berpikiran yang sama akhirnya, seperti orang tua jaman kita ini??

Leave a Reply

